Jumat, 20 Januari 2017

WORKSHOP MUSIK

Musik bukan sekedar memberikan keriangan pada anak tetapi juga rangkaian kata dan melodi untuk menyampaikan pesan bukan dalam bentuk wejangan, suruhan, apalagi bentakkan. Ketika anak sulit tidur, tidak mau makan, tidak mau merapikan mainan, malas mandi, maka sebuah lagu akan lebih bermakna daripada berpuluh kata dalam bentuk suruhan.

Musik adalah salah satu alternatif untuk membantu mengatasi masalah fokus dan atensi pada anak. Ketika anak tidak dapat duduk tenang, tidak memperhatikan apa yang kita sampaikan, dan pada tingkat sekolah dasar, tidak dapat memusatkan perhatiannya pada pelajaran, maka alunan nada akan lebih "mengumpulkan nyawa" mereka daripada berpuluh kata dalam bentuk teguran.

Musik adalah penyejuk jiwa. Ketika anak tantrum, tidak tenang, menunjukkan perilaku agresif, maka alunan suara dan petikan lembut alat musik lyre akan lebih memberikan atmosfir yang menyejukkan daripada hentakkan suara dalam bentuk bentakkan.

Musik adalah nutrisi bagi otak sejak anak dalam kandungan. Ketika anak mengalami kesulitan mempelajari sesuatu pada jenjang sekolah dasar, mengingat materi-materi pelajaran, melakukan operasi matematika, maka belahan otak kiri dan otak kanan akan bekerjasama melalui sebuah lagu dengan tangga nada tertentu.

Tangga nada pentatonik, mood of the fifth, alat musik yang dinamakan lyre mungkin merupakan hal-hal yang baru kita dengar yang ternyata berperan besar dalam kehidupan anak.

Bagi para orang tua, guru, psikolog, ataupun pihak lain yang berkecimpung dalam hal tumbuh kembang anak dan peduli pada musik anak, kita akan bersama-sama mempelajari lagu dan permainan anak, membuat lagu bagi anak sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapinya, belajar memainkan alat musik lyre, konsultasi individu bersama dengan Gotthard Killian, seorang musisi dari Australia.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar