Selasa, 17 Oktober 2017

WALDORF GRADE SCHOOL TEACHER TRAINING




WALDORF GRADE SCHOOL TEACHER TRAINING5 SEMESTERS PART TIME

Waldorf Grade School Teacher Training adalah pelatihan yang ditujukan kepada para orang tua, guru, pemerhati pendidikan dan pihak-pihak lain yang terkait dengan tumbuh kembang dan pendidikan anak. Training ini diberikan dalam bentuk part-time selama tiga tahun (lima semester). Setiap tahun terdiri dari dua semester, yaitu sekitar bulan Oktober dan April. Masing-masing pertemuan akan berlangsung selama sekitar 8-11 hari.
SEMESTER PERTAMA
WAKTU : 13 November- 25 November 2017
TEMPAT : Eco Camp Bandung, Jl. Pakar Barat (Dago) no.3
MAIN LECTURER : Horst Hellmann. 

Seorang guru dan trainer yang sudah berpengalaman membantu mendirikan sekolah Waldorf di beberapa negara Asia (Filipina, Thailand, Taiwan, Singapura), Australia dan juga di negara asalnya Berlin, Jerman. Ia juga mendesain Waldorf teacher training di Filipina semenjak tahun 2004 dan sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Ia juga pernah memberikan public talk pada tahun 2016 di Bandung dan Bali.


MATERI TRAINING SEMESTER PERTAMA 
Keseluruhan training yang akan diberikan meliputi dua tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu usia 0-7 tahun dan 7-14 tahun. Kedua tahapan ini tentulah akan menjadi fondasi bagi pertumbuhan anak di tahapan selanjutnya yaitu 14-21 tahun.
Pendidikan Waldorf merupakan pendidikan yang menyeluruh, bukan hanya menekankan pada aspek intelegensia saja (thiingking), tetapi juga menekankan pada aspek willing (usia 0-7 tahun) dan feeling (7-14 tahun).

Pada tujuh tahun pertama kehidupannya, anak belajar melalui apa yang ia lihat, dengar, dan rasakan dari proses imitasi orang-orang di sekitarnya. Anakpun belajar dari apa yang ia alami sendiri. Empat indera dasar yaitu sense of touch, life, balance, dan movement akan menjadi dasar bagi perkembangan delapan indera lainnya.

Pada pendidikan Waldorf, science, arts, dan spiritual merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. “Children live in the harmony of science, arts, and spiritual.” Oleh karena itu banyak materi yang diberikan dengan bantuan media seni seperti : water color painting, crayon drawing, bees wax/clay modelling, knitting, recorder playing, singing, outdoor games, speech and drama, nursery rhymes,storytelling, dan eurythmy. Rhythm, repetition, dan reverence akan mengantarkan anak dalam proses pembelajarannya.

Berdasarkan gambaran singkat tersebut, maka pada semester pertama ini, materi akan melingkupi :

INTRODUCTION/ FUNDAMENTALS OF WALDORF EDUCATION : 
• 12 senses, 3fold and 4fold human being, and 9 fold human being
• Inner development of teacher and Self-transformation 
• Rhythms of the day, week, month, year
• Overview of child development in 7-year-rhythms
• Importance of the first 7 years
• The 4 lower senses
• Nutrition
• Play and games
• Media, as a problem
• Story telling in Kindergarten
• Childhood diseases

Para peserta juga akan juga akan diajak untuk melukis menggunakan cat air dengan teknik wet on wet, menggambar dengan menggunakan block crayon, clay modelling, dan memainkan recorder.


Info dan pendaftaran : bdgwaldorf.gstt@gmail.com