Kamis, 14 Mei 2020

Pusat Lingkaran

ditulis oleh : Bu Kenny

Ketika kita menggambar sebuah lingkaran. Dimulai dari satu titik dan akan berakhir di titik yang sama. Saat kita menggambar satu lingkaran yang sama berulang kali, seakan titik awal dan titik akhirnya menjadi tak kasatmata. Setiap titik pada sisi lingkaran dapat menjadi awal dan akhir. Sebuah rasa hadir. Rasa menyatu. Semua titik menyatu dan berbaur. 

Ketika kita menggambar satu lingkaran yang sama berulang kali, maka kita akan semakin merasakan kehadiran titik pusat lingkaran. Titik pusat ini pun tak kasatmata. Imajinasi kita yang dapat menghadirkannya. Sebuah rasa hadir. Rasa menyatu. Berpusat pada satu titik yang sama. 

Daya imajinasi pada satu titik pusat yang sama akan memungkinkan kita untuk menggambar lingkaran-lingkaran lain yang lebih besar atau lebih kecil dari lingkaran sebelumnya. Beberapa lapis lingkaran yang ukurannya berbeda-beda namun bentuknya sama. Sebuah rasa hadir. Rasa menyatu. Berlapis namun semua berada pada satu lingkaran yang besar. Semua berpusat  pada satu titik pusat yang tak kasatmata. 

Kini cobalah (atau bayangkan) masing-masing dari kita adalah titik-titik sebuah lingkaran. Berdiri melingkar...membentuk lingkaran. Lalu bersama-sama bergerak ke samping. Lalu cobalah (atau bayangkan) masing-masing dari kita bergerak maju mendekati titik pusat. Dan kemudian bergerak mundur menjauhi titik pusat.



Kita dengan berbagai perbedaan. Dalam satu lingkaran. Berbaur. Ketika kita bergerak, apa yang dapat menjaga bentuk lingkaran menjadi satu lingkaran yang sama dan tak terputus serta tetap berpusat pada satu titik imajiner? Apa satu titik imajiner itu? 

Niat.... Niat yang tulus. Dari sanubari. Dari nurani. Dari nurani yang tak pernah berpihak pada siapapun. Nurani yang suci yang sejatinya dimiliki setiap insan. Berasal dari Yang Maha Pencipta. Bergandengan erat menjaga sang nurani berada di pusatnya. 


Catatan :
Lihatlah proses menggambar anak. Bentuk awalnya adalah scribbles. Titik datang dari arah atas luar. Lingkaran sembarang atau spiral scribbles terbentuk. Wujud lingkaran makin nampak. Lalu sekitar usia tiga tahun, satu titik tampak di tengah lingkaran. Menakjubkan!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar