Jumat, 05 Juni 2020

Kembali "Normal"

ditulis oleh : Bu Irma

Hari ini akhirnya datang. Hari yang mungkin ditunggu banyak orang dan didoakan. Momen ini disebut-sebut sebagai Normal Baru, dimana kami beraktivitas kembali seperti biasa dengan cara yang baru, yang perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Setelah lebih dari 3 bulan kami melaksanakan ritme baru, yaitu ritme "di rumah aja" kerja di rumah, berdiskusi dari rumah, berkarya di rumah, dan segala halnya di rumah, tentunya perlu adaptasi kembali saat harus beraktivitas kembali ke luar rumah. Butuh persiapan baik lahir dan juga batin untuk menghadapi keadaan ini. Hal-hal apa saja? Mari dijabarkan. 

1. Membuat ritme baru
Seperti awal saat pandemi terjadi, kali ini terjadi lagi. Rasanya kita harus semakin membiasakan diri untuk cepat beradaptasi di tengah kondisi yang banyak ketidak pastian seperti saat ini. Ritme tidur hingga tidur kembali perlu di persiapkan dan diatur lagi agar semuanya tetap berjalan baik. Waktu tidur yang mungkin bergeser ke pertengahan malam harus di ubah lagi agar waktu istirahat tetap tercukupi. Jika waktu masak dan bebersih rumah di pagi hari, mungkin bisa bergeser ke sore hari. Perlahan saja dan lakukan saja. 

2. Perlengkapan Diri
Ini penting. Di saat seperti ini memang perlu persiapan lebih. Sebelumnya aku tipe yang santai, jarang bawa perlengkapan diri. Tas dengan isi dompet dan hp rasanya sudah cukup :D. Saat seperti ini perlu sekali perlengkapan diri. Minimal masker, hand santizer/sabun  dan sarung tangan harus ada di dalam tas. Perlengkapan lain seperti botol minum, tempat makan, baju ganti, face shield, dll juga bisa disiapkan jika memang diperlukan. Banyak anjuran protokol kesehatan yang telah beredar yang dapat diikuti.

3. Setting mindset
Ini penting banget. Saat keluar rumah perlu pikiran yang positif dan yakin. Selain ikhtiar secara lahir, secara batin pun sangat perlu. Doa meminta perlindungan kepada Sang Pencipta dan yakin dengan segala ikhtiar yang dilakukan akan baik-baik saja. 

4. Beretika dan saling menjaga
Ini juga harus diperhatikan. Tentu rasanya senang sekali dapat kembali berkumpul, bertemu, bersosialisai secara langsung. Namun mari kita saling menjaga untuk tetap aman bagi diri dan juga orang lain. 

Empat hal tersebut pula yang sedang kami pikirkan untuk dapat mewujudkan momen "Kembali Bersekolah", bukan hanya kami yang kembali tapi anak-anak juga. Tentunya hal ini tidak mudah. Di tengah pandemi dimana setiap orang punya standar keamanan, kondisi kesehatan, situasi lingkungan yang berbeda atau latar belakang pemikiran lain yang berbeda. Bismillah, semoga kami dapat dengan bijak mengambil langkah untuk kebaikan bersama. Bantu kami juga ya untuk mencapai hal itu :). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar