Jumat, 10 April 2020

Mencoba Untuk SADAR

ditulis oleh : Bu Mela

Minggu kedua WFH. Awal minggu ini aku berkesempatan mendapat giliran untuk membahas sebuah artikel, setelah berpikir cukup lama selama 5 menit (haha), akhirnya aku memilih untuk membahas tentang mindful. Topik yang menurutku tidak hanya penting untuk saat ini, tapi hari-hari biasa tanpa adanya pandemi.

Aku bukanlah orang yang ahli dalam bidang mindful ataupun meditasi. Pernah ikut beberapa kali acara meditasi bersama sang ahli, membaca buku tentang mindful dan berusaha menerapkannya sendiri setiap hari. Aku hanya ingin berbagi kepada orang lain tentang apa yang aku dapat dan manfaatnya. Beberapa manfaat mindfulness, dapat dilihat pada salah satu artikel yang kemarin aku bahas bersama para orang tua https://www.mindful.org/9-ways-mindfulness-reduces-stress/  Serta mengolah rasa, seperti dalam artikel https://www.mindful.org/keeping-a-cool-head-and-warm-heart-in-challenging-times/ . Kedua hal tersebut terdapat dalam six basic exercise yang kudapat saat Early Childchood Teacher Training di Bangkok. Mindfulness juga beberapa kali menjadi topik yang dibahas dalam teacher training. Karena sadar penuh hadir utuh sangat dibutuhkan saat kita sedang berada dengan anak-anak. Tidak hanya fisiknya saja yang hadir, tapi ‘isinya’ juga hadir, tidak melayang kemana-mana.



Minggu ini juga aku menggambar bagaimana suasana halaman bermain di Jagad Alit. Tiba-tiba terbayang rumput hijau terbentang dan anak-anak bermain di sana, guru-guru melakukan kegiatan bermakna bersama mereka. Lalu aku tuangkan ke dalam kertas dalam buku jurnalku. Ah... Sudah lama tidak jumpa mereka, pasti begitu berjumpa, semuanya sudah tampak tumbuh besar :D

Kapan yaaaa bisa jumpa?

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar